Jumat, 07 Juni 2019

Ternyata Begini Fungsi Wi-fi Direct yang Belum Diketahui Banyak Orang


Daftar pengaturan dan fitur pada smartphone Android kami cukup luas dan kebanyakan dari mereka hanya memperhatikannya tanpa diketahui ketika kita melihatnya, atau kita sengaja mengabaikannya. Wi-Fi Direct adalah salah satunya, tetapi kami akan menjelaskan kepada Anda apa itu dan mengapa Anda harus menggunakannya. Berikut cara mengaturnya.

Apa itu Wi-Fi Direct
Mengapa Anda menggunakan Wi-Fi Direct?
Cara mengatur Wi-Fi Direct
Apa itu Wi-Fi Direct?

Ketika seseorang menyebutkan Wi-Fi, kebanyakan orang akan langsung berpikir untuk berselancar di internet, tetapi ada lebih dari itu. Wi-Fi Direct adalah sertifikat Wi-Fi Alliance, yang mencakup lebih dari 600 anggota seperti Apple, LG, Intel, Microsoft dan Dell. Sejumlah perangkat dewasa ini kompatibel dengan Wi-Fi Direct - terutama Tablet, Laptop, Kamera Digital. Samsung Galaxy S (diluncurkan pada 2010) adalah salah satu smartphone pertama yang menyertakan fitur ini, dan pada Android 4.0 Ice Cream Sandwich, semua smartphone Android memiliki fitur ini yang dimasukkan secara asli.

Opini oleh Georg Seebode
Wi-Fi Direct? Tidak pernah mendengar hal tersebut...
Apa yang kamu pikirkan?

Wi-Fi Direct dapat dilihat sebagai semacam Wi-Fi generasi kedua, karena memungkinkan perangkat yang kompatibel yang tidak memiliki koneksi internet sendiri, untuk menjalin hubungan timbal balik dengan yang melakukannya (Hotspot, modem atau router). Berkat Wi-Fi Direct, Anda dapat membangun jaringan nirkabel antara beberapa perangkat. Selain itu, Anda dapat menggunakan Wi-Fi Direct dalam kombinasi dengan Miracast untuk melakukan screencast ke perangkat lain dengan tampilan. Wi-Fi Direct generasi terbaru juga kompatibel dengan NFC.

Mengapa Anda menggunakan Wi-Fi Direct?
Seperti disebutkan di atas, Wi-Fi direct memungkinkan perangkat tanpa koneksi internet mereka sendiri untuk terhubung ke perangkat yang tidak. Dalam hal Smartphone dan perangkat Android, Anda dapat menghubungkannya dan mentransfer file dengan cepat tanpa kerumitan kabel. Jadi, apakah Wi-Fi Direct hanya versi Bluetooth yang dimuliakan? Ya dan tidak. Keuntungan menggunakan Wi-Fi Direct melalui Bluetooth, adalah rentang Wi-Fi dan kecepatan transfer secara signifikan lebih tinggi daripada Bluetooth. Jadi singkatnya - gunakan Wi-Fi Direct jika Anda ingin cara yang lebih baik untuk mengirim file dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Cara mengatur Wi-Fi Direct
Setiap ponsel cerdas Android yang menggunakan Android 4.0 dan di atasnya memiliki fungsi Wi-Fi Direct (kecuali beberapa pengecualian yang sangat jarang). Sementara antarmuka pengguna sistem mungkin bervariasi, pengaturan fungsi ini relatif sederhana dan terpadu di semua perangkat. Wi-Fi Direct tidak secara native mendukung transfer file saat ini, jadi Anda perlu menginstal aplikasi pihak ketiga. Kami merekomendasikan "Kirim Ke Mana Saja".

Kirim Di Mana Saja (Transfer File)
Instal di Google Play
Untuk mengaktifkan Wi-Fi Direct, masuk ke Pengaturan -> Koneksi -> Wi-Fi lalu ketuk pada tab Wi-Fi Direct di bagian atas. Ponsel cerdas Anda akan mulai memindai perangkat yang dapat Anda sambungkan.

Berbeda dengan Bluetooth, tidak ada tombol atau apa pun yang perlu Anda ketuk untuk mengaktifkan Wi-Fi Direct. Wi-Fi Direct diaktifkan saat Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Ini tidak berarti bahwa Wi-Fi Direct menyala setiap saat. Ponsel cerdas Anda hanya mulai memindai perangkat terdekat yang akan disambungkan ketika Anda mengetuk tab Wi-Fi Direct.

Penting: Anda juga perlu menyalakan Wi-Fi langsung di laptop, televisi, printer, atau perangkat apa pun yang Anda sambungkan serta mengaktifkannya di ponsel cerdas Anda menggunakan langkah-langkah di atas.

Jika Anda memiliki pertanyaan, tinggalkan di bawah di komentar!.


EmoticonEmoticon