Jumat, 07 Juni 2019

Cara Termudah Membersihkan Hard Drive Komputer Windows Anda



Anda mungkin bertanya-tanya mengapa ruang disk di komputer Anda tidak cukup setelah menghapus banyak file. Bahkan setelah menghapus program yang tidak perlu, Anda tidak memiliki cukup ruang untuk aplikasi atau game baru itu. Atau Anda memiliki banyak file video seperti film yang tidak ingin Anda hapus tetapi membutuhkan banyak ruang. File-file ini bisa berupa buku teks atau dokumen kantor yang akan Anda butuhkan di masa mendatang yang tidak terduga.
PC baru Anda mungkin dilengkapi dengan solid-state drive (SSD), yang menawarkan ruang disk lebih sedikit daripada hard drive tradisional. Ketidaknyamanan lain mungkin adalah versi baru dari game dan aplikasi yang membutuhkan lebih banyak ruang disk daripada edisi sebelumnya.

Apa pun alasannya, kami telah memberikan beberapa tips penting untuk dengan mudah membersihkan ruang disk pada PC Windows Anda. Beberapa tips ini merupakan langkah nyata yang banyak orang, termasuk Anda cenderung lupa. Jadi, mari kita mulai.



Pembersihan Disk WindowsPembersihan disk adalah alat Windows yang memungkinkan Anda untuk menghapus data sementara, yang terakumulasi dari waktu ke waktu dan dapat berjumlah hingga gigabytes menghabiskan penyimpanan di PC Anda. Anda dapat menggunakan fungsi Pembersihan Disk dengan mengambil langkah-langkah berikut.

Buka jendela Komputer Anda, klik kanan hard drive Anda dan pilih ‘Properti’.
Di tab ‘Umum’, klik ‘Disk Cleanup’.
Windows akan menunjukkan berapa banyak ruang penyimpanan yang dapat Anda hemat dengan menjalankan Disk Cleanup.
Centang file yang ingin Anda hapus dan klik OK.

Anda dapat menghapus titik pengembalian Windows yang lebih lama dari drive Anda dengan menggunakan fungsi ‘Bersihkan file sistem’. Titik pemulihan pada dasarnya adalah cadangan dari registri Windows pada tanggal tertentu. Sebelum Anda menggunakan fungsi ini, pastikan kinerja komputer Anda optimal. Setelah titik pemulihan dihapus, Anda tidak akan dapat mengaksesnya. Juga hindari menghapus titik pemulihan terbaru.
Buka ‘Pilihan Lainnya’ di jendela Disk Cleanup dan klik ‘Clean up…’ di bawah judul heading System Restore and Shadow Copies ’.


Simpan data di Penyimpanan Eksternal seperti DVD
Anda mungkin enggan menyingkirkan file seperti film dan beberapa video yang mudah diingat. Menyimpan file-file ini dapat memakan banyak ruang disk pada PC Anda, tetapi untungnya ada opsi lain untuk Anda manfaatkan. Metode umum untuk menjaga keamanan data adalah dengan menyimpannya secara eksternal di cloud atau di penyimpanan fisik. Penyimpanan cloud memungkinkan Anda untuk menyimpan file Anda di server jarak jauh, dan mengaksesnya melalui internet. Ini memiliki kelemahan seperti kesulitan mengakses data yang disimpan dan rentan terhadap serangan peretasan.

Di sisi lain, penyimpanan fisik dapat berupa drive USB, hard drive eksternal atau penyimpanan DVD.
Sebuah DVD sangat nyaman karena dapat digunakan bahkan di belahan dunia kita yang jauh pada komputer dan pemutar DVD lainnya. Bersihkan ruang disk pada PC Anda dengan membakar film favorit Anda dan video lainnya ke DVD. Anda dapat mentransfer atau membakarnya menggunakan Freemake DVD Burner. Ini adalah perangkat lunak video gratis yang dikembangkan oleh Freemake untuk OS Windows.


Kosongkan Recycle Bin
Kadang-kadang, setelah menghapus potongan besar file dari folder tertentu, kami lupa bahwa mereka berakhir di Recycle Bin, akhirnya mengambil ruang disk di komputer Anda. Meskipun ini adalah cadangan yang bagus kalau-kalau Anda tidak sengaja menghapus file-file penting.
Jika Anda yakin setiap file di Recycle Bin tidak masalah untuk dihapus, Anda dapat memilih file dan klik kanan untuk menghapusnya secara permanen, atau cukup pilih ‘Kosongkan Recycle Bin’.


EmoticonEmoticon