Cara Mengatasinya Tidak Dapat Membuat atau Menerima Panggilan



Ketika ponsel Anda berhenti melakukan tugasnya, coba tips ini.

Ketika Anda tidak dapat membuat atau menerima panggilan, bahkan jika Anda masih melihat panggilan tidak terjawab dan pemberitahuan pesan suara, Anda punya masalah. Ada banyak alasan untuk perilaku ini, tetapi dalam kebanyakan kasus, itu tidak sulit untuk diperbaiki.

Jika Anda dapat melakukan panggilan keluar, tetapi telepon Anda tidak berdering saat Anda menerima panggilan masuk, itu masalah tersendiri. Perbaiki ponsel Android Anda jika tidak berdering.

Mengapa Ponsel Anda Tidak Dapat Membuat atau Menerima Panggilan? Ada banyak masalah yang mudah dipecahkan yang dapat menyebabkan masalah ini.

Bisa jadi Anda menunggak tagihan bulanan Anda, Anda berada di titik mati (jarang, tetapi masih terjadi) atau Anda meninggalkan ponsel di pesawat atau mode Jangan Ganggu. Jika tidak ada yang seperti ini, itu mungkin sesuatu yang lebih serius, seperti kerusakan fisik atau malware.

Pastikan Anda berada di jaringan. Meskipun relatif jarang, bintik-bintik mati masih berlimpah. Anda mungkin menemukan ini ketika di bawah tanah (di ruang bawah tanah atau transit massal) atau di daerah terpencil.

Masalah penerimaan juga dapat terjadi jika Anda berada di dekat perbatasan negara lain, dan ponsel Anda merasa sedang roaming.

Pastikan mode pesawat tidak aktif. Ketika mode ini diaktifkan, jaringan seluler dinonaktifkan, dan panggilan telepon masuk dikirim ke voicemail. Jika Wi-Fi aktif, Anda masih bisa menjelajahi web dan mengirim pesan menggunakan data. Tarik ke bawah dari atas layar ponsel untuk mengakses Pengaturan Cepat atau buka Pengaturan> Jaringan & internet> Mode pesawat. Pastikan mode pesawat dinonaktifkan.

Periksa apakah data seluler diaktifkan. Untuk memeriksa, buka Pengaturan Cepat atau Pengaturan> Jaringan & internet> Jaringan Seluler ponsel Anda. Jika Anda terhubung ke jaringan, Anda harus melihat nama operator Anda, seperti Telkomsel, Axis, IM3,XL atau Three. Jika tidak Muncul, mungkin dikatakan tidak terhubung atau roaming.

Hubungi operator Anda. Sudahkah Anda membayar tagihan Anda? Sekalipun Anda memiliki pengaturan pembayaran otomatis, itu dapat gagal karena masalah dengan bank Anda atau kesalahan teknis. Operator Anda harus memberi tahu Anda mengenai hal ini, tetapi mungkin melalui surat siput.

Jika tidak ada masalah pembayaran, dukungan teknis membantu Anda memeriksa masalah lain, atau memberi tahu Anda tentang pemadaman area.

Jika tidak ada masalah di atas, restart ponsel Anda. Melakukan hal itu memperbaiki banyak masalah bahkan yang paling misterius.

Terkadang malware menyerang ponsel Android. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menghapus aplikasi jahat dari perangkat Anda. Mem-boot ulang ponsel Anda dalam mode aman adalah cara yang baik untuk mengidentifikasi masalah.

Lakukan reset pabrik. Ini bisa dilakukan untuk menghapus aplikasi jahat dan data bermasalah lainnya, tetapi pastikan Anda telah mencadangkan data penting sebelum melakukannya.

Jika semuanya gagal, masalah ini mungkin disebabkan oleh kerusakan perangkat keras. Hubungi pabrikan atau operator untuk mengetahui apakah perlu diperbaiki, atau cara mendapatkan penggantinya. Jika Anda bisa, bawa ponsel Anda ke toko lokal sehingga teknisi dapat melakukan beberapa pemecahan masalah.

Setelah Anda menemukan masalah dan memperbaikinya, lakukan audit keamanan pada perangkat Anda. Pastikan ia memiliki pembaruan keamanan terbaru, copot pemasangan aplikasi yang tidak digunakan, dan hanya unduh aplikasi dan file dari sumber tepercaya, seperti Google Play Store.
Butuh lebih banyak bantuan?
Masalah ini dapat terjadi pada smartphone Android apa pun, apa pun sistem operasi atau pabrikannya. Namun, tata letak aplikasi pengaturan bervariasi tergantung apakah itu menjalankan Android atau versi yang dimodifikasi dari Samsung atau perusahaan lain. Sebagian besar perangkat Android yang lebih baru dengan mudah memiliki fungsi pencarian di Pengaturan.

Share artikel ini jika dirasa membantu.Sekian dan terimah kasih