Kamis, 26 Maret 2020

Jenis Pangkat dan Golongan PNS

Jenis Pangkat dan Golongan PNS

Menjadi Pegawai Negeri Sipil merupakan idaman bagi sebagian orang. Uang pensiun sebagai jaminan di hari tua, jaminan kesehatan dan gaji yang tetap menjadi daya tarik mengapa PNS digemari.  Namun, menjadi PNS tidaklah mudah. Setiap pembukaan Tes Calon Pegawai Negeri Sipil, masyarakat berbondong-bondong untuk mendaftar mengikutinya. 
Calon PNS akan bersaing dengan ribuan calon lain dengan mekanisme dan persyaratan tes yang berlapis-lapis.
Dengan penawaran yang menggiurkan diikuti pula dengan tanggung jawab yang besar. Seorang PNS diharuskan siap ditugaskan dimana saja termasuk daerah terpencil dan berkontribusi dengan tulus kepada negara. Sistem pangkat dan golongan PNS sendiri terbagi menjadi beberapa golongan sesuai dengan job desk dan pendidikan terakhir. 
Jenis Pangkat dan Golongan PNS

Golongan I (Juru)

Golongan I Performer adalah posisi yang membutuhkan keterampilan dan pengetahuan dasar dan tidak wajib memiliki keterampilan khusus. PNS biasanya dengan kelompok saya adalah seorang PNS di pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. PNS Golongan I membantu pelaksanaan suatu kegiatan dan memiliki tanggung jawab untuk memberikan dukungan luas di atasnya.
Jenis Pangkat
Golongan
Juru Muda
I
Juru Muda tingkat I
I
Juru
I
Juru Tingkat I
I

Golongan II (Pengatur)

Pengatur pada Golongan II sudah memegang bidang tertentu ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis. PNS Golongan II merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas atau Diploma III. Dalam prakteknya, para PNS Golongan II memiliki tugas untuk melaksanakan kegiatan operasional program lembaga.
Jenis Pangkat
Golongan
Pengatur Muda
II
Pengatur Muda Tingkat I
II
Pengatur
II
Pengatur Tingkat I
II

 

Golongan III  (Penata)

Penata menuntut PNS dengan tingkat pekerjaan agak rumit dan memerlukan keahlian spesifik dengan lingkup yang lebih dalam terhadap suatu pemahaman ilmu. PNS Golongan III memiliki latar belakang pendidikan formal S1 sarjana atau Diploma IV. Dalam bertugas, PNS Golongan III bertanggung jawab untuk memastikan kualitas proses dan kontrol tingkat output kerja.
Jenis Pangkat
Golongan
Penata Muda
III
Penata Muda Tingkat I
III
Penata
III
Penata Tingkat I
III

Golongan IV (Pembina)

Pembina adalah golongan PNS yang paling tinggi dari golongan di atas. Golongan IV menuntut keahlian ilmiah yang mendalam dan kematangan untuk pengambilan kebijakan pekerjaan selama periode tertentu. PNS golongan IV  memiliki tugas untuk mempromosikan dan mengembangkan sumber daya untuk mencapai visi misi institusi.
Jenis Pangkat
Golongan
Pembina
IV
Pembina Tingkat I
IV
Pembina Utama Muda
IV
Pembina Utama Madya
IV
Pembina Utama
IV

Masih berminat menjadi PNS? Ingat, sesuai namanya, menjadi PNS diperlukan hati yang tulus untuk mengemban tanggung jawab dari negara. Mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat baik sebagai bahan ajar maupun untuk memperkaya wawasan. 



EmoticonEmoticon